15 December 2018

Peringatan!!! Postingan Saya pada kesempatan kali ini bukan ditujukkan untuk hal-hal yang tidak bertanggungjawab, namun sekedar untuk berbagi informasi dan sebagai salah satu sarana belajar bersama!!!

Selamat datang, dan terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Nebeng Online, sesuai dengan judul postingan pada kesempatan kali ini, yakni Add-ins Unprotect Sheet Untuk Ms. Excel. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Aplikasi Ms. Excel tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Protect dan Unprotect Sheet, hal ini biasanya kita lakukan untuk menghindari sebuah file yang sudah kita buat tidak bisa diubah, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Memang ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan/membobol proteksi sheet dari sebuah file Ms. Excel, yaitu dengan cara menyisipkan sebuah scrypt ke sebuah modul pada vba project file Ms. Excel tersbut, namun cara itu mempunyai kendala, yakni jika vba project dari file Ms. Excel tersbut terproteksi/dipassword juga.

Dengan menggunakan sebuah Add-Ins ini bisa meminimalisir hal tersebut di atas, karena dengan kita menginstall Add-Ins ini maka akan muncul sebuah menu baru di deretan Ribbon Menu Ms. Excel. Add-Ins ini sudah diuji coba pada Aplikasi Ms. Excel versi 2007 dan versi 2010.


Cara Installasi dan penggunaanya pun cukup mudah, untuk menginstallnya kita cukup membuka file Add-ins tersebut, maka secara otomatis akan terbuka halaman/lembar kerja kosong/baru yang jika kita lihat akan muncul sebuah menu bari di deretan Menu Ribbon Aplikasi Ms. Excel tersebut, yaitu Menu Add-Ins. Catatan : Pada awal kita membuka file Add-Ins ini akan muncul perintah untuk mengaktifkan/Enable Macro VBA Excelnya.

Kemudian untuk cara penggunaannya adalah, cukup dengan cara buka file Ms. Excel yang akan kita jilangkan Password Sheetnya. Pastikan Sheet yang sedang aktif adalah merupakan sheet yang akan kita hilangkan passwordnya, kemudian klik pada Menu Add-Ins lanjutkan dengan caraklik pada opsi UNPROTECT - kemudian lanjutkan klik Unprotect Everything :


Tunggu hingga proses unprotect selesai, lama proses dari penghapusan Passrowd tersebut tergantung banyaknya sheet yang ada pada file Ms. Excel tersebut.

Demikian mengenai Add-Ins Unprotect Sheet Untuk Ms. Excel, semoga apa yang Saya bagikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan untuk yang ingin mendownloadnya, bisa Anda download Add-Ins tersebut melalui link di bawah ini :

1. Download Add-Ins Unprotect Sheet Ms. Excel - Mediafire
2. Download Add-Ins Unprotect Sheet Ms. Excel -Google Drive

Terimakasih.


EmoticonEmoticon