11 December 2018

Selamat datang, dan terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Saya ini (Nebeng Online). Pada postingan kali ini Saya akan membagikan sebuah aplikasi/software untuk menulis Huruf Jawa (Hanacaraka), aplikasi/software ini asli buatan anak bangsa dan bersifat freeware. Bagi kita yang merupakan penduduk yang tinggal di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta pastinya aplikasi/software ini akan sangat membantu/kita butuhkan. 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Tenaga Pendidik/Guru Anda bisa memanfaatkan aplikasi/software ini untuk sarana penunjang dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Anda. Aplikasi ini sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan, karena aplikasi ini memiliki user interface yang sangat sederhana dan yang pasti menggunakan Bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga otomatis terintegrasi dengan Aplikasi olah kata Ms. Word, jadi lebih memudahkan kita dalam pengerjaan pembuatan sebuah soal atau buku modul bagi Anda yang berprofesi sebagai Guru. Bagi yang memiliki usaha jasa pengetikan/rental komputer aplikasi/software ini juga bisa menunjang usaha Anda tentunya. dan berikut merupakan screenshot dari aplikasi tersebut :



 

Pada aplikasi/software ini terdapat beberapa fitur, dan fitur unggulan dari aplikasi/software ini adalah
1. Konversi latin ke jawa
2. Konversi jawa ke latin

Untuk menyalin teks jawa/hanacaraka dari aplikasi/software ini ke aplikasi pengolah kata Ms. Word, bisa kita lakukan layakna copy paste seperti biasanya, yaitu dengan cara blok teks jawa pada aplikasi/software hanacaraka ini, kemudian buka aplikasi Ms. Word, lanutkan dengan klik kanan pada lembar kerja Ms. Word dan pilih/klik paste, pada saat pertama kita tempel/paste teks tersbut pada lembar kerja Ms. Word maka yang akan kita dapatkan adalah sebuah teks yang terdiri dari karakter aneh/bukan huruf hanacaraka, dan untuk merubahnya menjadi huruf jawa/hanacaraka silahkan teks yang sudah tertempel di lembar kerja Ms. Word kemudian klik pada menu home dan ubah jenis teksnya menjadi huruf jawa/hanacaraka.

Aplikasi ini bisa kita installkan pada Sistem Operasi Win XP, Win Seven, Win 8, dan Win 10. Baik 32bit atau pun 64 bit.

Untuk mendownload silahkan klik melalui link di bawah ini :

1. Download Hanacaraka V.1.0 - Google Drive
2. Download Hanacaraka V.1.0 - Mediafire

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.


EmoticonEmoticon