09 December 2018

Kabupaten Pemalang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Secara astronomis, kabupaten ini terletak antara 109°17'30" – 109°40'30" BT dan 6°52'30" – 7°20'11" LS. Luas wilayah kabupaten ini ialah sebesar 111.530 km².
Ibukota kabupaten ini adalah Kota Pemalang, yang terletak di ujung barat laut wilayah kabupaten dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal. Kabupaten ini berjarak kira-kira 135 km ke arah barat dari Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah, atau jika ditempuh dengan kendaraan darat memakan waktu lebih kurang 3-4 jam. Kabupaten Pemalang berada di jalur pantura Jakarta-Semarang-Surabaya. Selain itu terdapat pula jalan provinsi yang menghubungkan kabupaten ini dengan Kabupaten Purbalingga. 

Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi. Bagian utara merupakan dataran rendah, berupa daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 1-5 meter di atas permukaan laut. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur dengan ketinggian 6–15 m di atas permukaan laut; sedangkan bagian selatan merupakan dataran tinggi berupa pengunungan yang subur serta berhawa sejuk dengan ketinggian 16–925 m di atas permukaan laut. Puncak tertingginya ialah Gunung Slamet, yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Tegal dan Kabupaten Purbalingga, dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Wilayah bagian selatan Pemalang biasa disebut Waliksarimadu yaitu singkatan Watukumpul, Belik, Pulosari, Moga, Warungpring dan Randudongkal. Wilayah tersebut juga sering disebut sebagai Pemalang Selatan.
Wilayah Kabupaten Pemalang dilintasi oleh tiga sungai besar, yaitu Sungai Comal, Sungai Waluh, dan Sungai Rambut, yang menjadikannya sebagai daerah aliran sungai yang subur. Sungai Comal merupakan sungai terbesar, yang alirannya melalui tujuh wilayah kecamatan di kabupaten ini, dan bermuara ke Laut Jawa tepatnya di Ujung Pemalang.

Dan berikut merupakan beberapa Objek Wisata paling populer di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah :

1. Pantai Widuri



Pantai Widuri merupakan pantai yang paling terkenal di Pemalang dan memiliki banyak wisatawan setiap harinya. Akses jalan yang mudah, berdekatan dengan Pusat Kota dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang hadir kesini. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas pendukung yang tersedia seperti lapangan tenis, Kolam renang, Panggung hiburan wahan permainan anak dan masih banyak lagi. Di Pantai Widuri ini juga sudah terdapat arena Waterboom dan Dermaga.


2. Hutan Mangrove Mojo




Hutan mangrove di Pemalang ini memiliki luas 2350 H dengan pembagian 410 H hamparan bakau dan 1940 H pertambakan. Selain Hutan Mangrove yang tujuan awalnya sebagai konservasi lahan, di tempat ini juga digunakan sebagai tempat wisata yang menarik anak sekolah sebagai bahan pengetahuan.

3. Pantai Blendung


  
Berbeda dengan pantai Widuri, pantai yang satu ini masih terlihat alami dan sepi akan pengunjung. Belum banyak pengembangan serta fasilitas yang tersedia disini. Namun buat anda yang mau menenangkan pikiran atau sekedar bermain-main dipinggir pantai, tempat ini rekomended. Dan untuk kedepannya, semoga tempat ini mendapat sorotan pemerintah karena Pantai Blendung terlihat potensial sebagai objek wisata di Pemalang yang wajib untuk kita kunjungi.
 
4. Pantai Joko Tingkir



Seperti halnya Pantai Blendung, tempat ini masih sepi akan pengunjung dan masih terlihat alami. Pepohonan yang rimbun menjadikan pantai yang satu ini terlihat teduh. Dan untuk saat ini, kalau anda berkunjung ke Pantai Joko Tingkir akan menemui banyak pedagang yang berasalkan dari warga sekitar. Jadi tidak perlu lagi khawatir kalau perut anda tiba-tiba keroncongan.

5. Curug Sibedil 



Setelah kita mengulas seputar pantai, tempat wisata di Pemalang berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Curug Sibedil. Pemandangan alam yang masih terlihat asri menjadikan kita betah lama-lama kalau sudah berkunjung kesini. Dan untuk penamaan sibedi sendiri memiliki beberapa versi. Versi pertama, penamaan sibedil diambil dari bebatuan disekitar yang berbentul mirip bedil / senapan. Versi lainnya, nama Sibedil diambil dari suara yang warga dengarkan setiap malam jumat kliwonnya.

6. Curug Bengkawah





Wisata di Pemalang memang banyak yang belum dijamah oleh wisatawan Indonesia. Curug indah Bengkawah ini salah satunya. Selain akses jalan yang tidak strategis dan sulit untuk dijangkau, tempat ini masih terbilang sepi akan wisatawan. Namun dilain itu, sesampainya anda ke Curug Bengkawah akan melihat keindahan air terjun yang berbeda dengan yang lain yaitu terbelahnya air terjun menjadi dua karena terpisahkan oleh batu. Belum lagi panorama alam yang asri di sekitar curug. 

7. Telaga Silating

 

 
Telaga Silating ini dikelilingi oleh peerbukitan dan persawahan warga sekitar. Dan untuk saat ini, telaga ini digunakan sebagai obyek wisata di Pemalang yang lebgkap akan fasilitas dan ramai dikunjungi setiap akhir pekannya. 

8. Kebun Teh Semugih


Untuk menikmati pemandangan kebuh teh bagi anda yang berlokasikan di Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh lagi ke Bogor. Selain di Dieng Wonosobo, di Pemalang juga memiliki kebun Teh Semugih. Suasana alam dataran tinggi yang hijau, udara yang segar serta hawa yang dingin bisa anda nikmati disini.

9. Gunung Mendelem

 
 
Gunung Mendelem atau yang dikenal juga dengan Gunung Jimat ini masuk dalam kategori obyek wisata di Pemalang yang memiliki ketinggian 1454 MDPL. Karna tidak terlalu tinggi, Gunung yang satu ini seringkali digunakan sebagai pelatihan pendaki pemula. 


10. Gunung Gajah



 
Dinamakan Gunung Gajah karena kalau kita lihat dari kejauhan bentuk fisik dari gunung ini memang mirip seperti gajah. Memiliki ketinggian 1.100 MDPL, tempat wisata di Pemalang ini bisa dijadikan referensi pendaki pemula sebagai medan pelatihan. 

Wisata Gunung Gajah di Randudongkal Pemalang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Gunung Gajah di Randudongkal Pemalang Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Gunung Gajah di Randudongkal Pemalang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Pemalang tidak mengunjungi Wisata Gunung Gajah di Randudongkal Pemalang Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Gunung Gajah di Randudongkal Pemalang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Gunung Gajah di Randudongkal Pemalang Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Gunung Gajah di kota Pemalang. 

Demikian informasi mengenai 10 Objek Wisata Paling Populer di Kabuapten Pemalang. Terimakasih, dan semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon