09 December 2018

Microsoft Office merupakan sebuah perangkat lunak/software buatan Microsoft, dimana didalam Aplikasi Ms. Office terdapat beberapa Aplikasi yang sering kita gunakan dalam mempermudah pekerjaan kita, diantaranya adalah Ms. Office Word. Seiring perkembangan jaman, Aplikasi Ms. Office juga mengalami banyak perubahan, perubahan tersebut ditandai dengan diluncurkannya produk Ms. Office yang lebih baru. Versi Ms. Office yang mungkin masih populer dan masih digunakan pada pengguna Sistem Operasi WIndows adalah Ms. Office 2007, meskipun untuk saat ini sudah ada versi Ms. Office yang lebih baru.

Kenapa masih banyak orang yang menggunakan Versi Ms. Office 2007? menurut Saya pribadi karena kemampuan dan tampilan dari Versi Ms. Office 2007 ini masih cocok dan masih baik meskipun tergolong Versi Ms. Office yang lama.

Namun tidak sedikit pula sebagian dari kita yang sudah mulai menggunakan Aplikasi Ms. Office yang lebih terbaru, salah satunya adalah Aplikasi Ms. Office Versi 2010. Memang, dari segi tampilan tidak jauh berbeda dengan tampilan dari Aplikasi Ms. Office 2007, namun ternyata ada sedikit kendala bagi kita yang masih menggunakan Versi Ms. Office 2007 jika kita membuka sebuah file hasil dari Aplikasi Ms. Office 2010.

Hal tersebut sangat terlihat sekali saat kita membuka sebuah file Docx (Ms. Word), jika kita membuka file Docx (Ms. Word) hasil dari Aplikasi Ms. Office 2010 menggunakan Aplikasi Ms. Office 2007, hal yang sangat mencolok yang tetlihat adalah dari formating pada teks file Docx tersebut, yang tadinya sudah diedit menjadi rapih pada Aplikasi Ms. Word 2010 akan menjadi berantakan jika kita membukanya di Aplikasi Ms. Office 2007.


Pengalaman tersebut Saya alami sendiri, dan berkat seraching Saya menemukan sebuah solusi yang ternyata memang menjadi obatnya. Yaitu dengan cara kita mengupdate Aplikasi Ms. Office 2007 kita menjadi Ms. Office 2007 SP3 (Service Pack 3). Untuk mendownload file updatenya silahkan Anda download melalui link di bawah ini :


Ukurannya lumayan besar, kisaran 300 MB, namun file update ini bersifat Stand Alone (offline) jadi kita bisa menyimpannya dan menginstallnya lagi kapan pun jika kita membutuhkannya.

Langkah-langkah untuk menginstallnya juga sangat mudah, layaknya kita menginstall Aplikasi-aplikasi lainnya. Dan berikut sedikit saya jelaskan tata cara menginstallnya :

1. Pastikan Anda sudah mendownload file updatenya
2. Pastikan juga Anda tidak sedang membuka Aplikasi Ms. Office, baik Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point, dan lainnya.
3. Install file updatenya sampai selesai.
4. Silahkan buka file Ms. Word hasil dari versi 2010 menggunakan Ms. Office 2007 yang sudah Anda Update tadi, dan lihat lah hasilnya.

Demikian informasi mengenai solusi membuka file Office 2010 di Office 2007, semoga apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi pengunjung Blog Saya ini, terimakasih.


EmoticonEmoticon