09 December 2018

Selamat datang di Blog Nebeng Online, terimakasih bagi Anda yang sudah mau mampir di Blog Saya ini, pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba membahas mengenai solusi mencetak Foto menggunakan Printer Merk Epson Seri L120.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa untuk mencetak sebuah foto kita tidak harus pergi ke studio cetak foto, karena sekarang kita bisa mencetak sendiri foto menggunakan Printer, banyak tipe/seri dari berbagai merk pabrikan printer, diantara yang paling populer adalah merk Epson. Merk Epson sangat populer karena dari sekian banyak tipe/seri yang sudah dikeluarkannya memang benar-benar memuaskan para konsumennya, apalagi untuk hasil cetak fotonya.

Namun ada satu tipe dari Merk Epson yang dibuat khusus untuk mencetak dokumen, dan tentu saja tidak dibekali fitur untuk mencetak foto. Hal ini bisa dilihat pada saat kita mencetak dokumen/foto baik menggunakan aplikasi pengolah kata atau aplikasi lainnya. Pada jendela properties tidak ada fitur untuk memilih jenis kertas seperti pada driver aplikasi tipe/seri printer yang memang sudah dibekali fitur cetak Foto. Adalah Epson Seri L120, seri printer ini merupakan seri dari printer epson yang didesain/dibuat untuk mencetak dokumen saja.

Namun ternyata ada cara untuk mengakalinya, meskipun hasil cetaknya masih kurang tajam dibanding tipe/seri printer Epson lainnya, namun cara ini bisa Anda gunakan jika memang Anda menginginkan supaya Printer Epson Seri L120 Anda bisa untuk mencetak Foto.


Caranya sangat sederhana, dengan hanya Anda menginstal Driver dari Printer Epson tipe/seri diatasnya (L1300/L1310) dengan catatan driver dari Printer Epson tipe/seri L120 nya sudah terinstall. Download Driver Epson Seri L1300 Disini.

Jika sudah terdownload silahkan install driver dari Epson L1300 tersebut, kemudian jika muncul setting untuk port printernya silahkan pilih manual, kemudian klik/pilih USB 0001 (tergantung port yang digunakan) namun bisanya adalah Port USB 0001. Jika sudah, silahkan cetak Foto yang akan Anda cetak, dalam hal ini Saya menggunakan Ms. Word untuk mencetakknya. Klik Pada Print, kemudian pada pilihan printer, pilih Epson L1300, kemudian pada propertiesnya setting menjadi seperti gambar di bawah ini :


Akhiri dengan klik tombol OK.

Dan jangan panik bila muncul pop up seperti gambar di bawah ini :


Pop up tersebut muncul karena driver mendeteksi kalau Printer L1300 tidak ada/tidak terdeteksi pada PC/laptop kita, abaikan saja atau bisa klik OK atau klik tombol close (X). Dan biarkan printer tetap mencetak dokumen kita tadi.

Selamat, printer Epson L120 Anda sekarang sudah bisa digunakan untuk mencetak Foto. Demikian, semoga apa yang sudah Saya bagikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Terimakasih


EmoticonEmoticon