26 December 2018

Selamat datang dan terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Nebeng Online, untuk kesempatan kali ini Saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana, sesuai dengan judul potingan kali ini tutorial sederhana tersebut adalah mengenai cara untuk membuat nomor halaman berbeda format dalam satu file Ms. Word 2007 (docx).

Biasanya kita membuat sebuah laporan, salah satu contohnya adalah laporan Study Tour. Dimana pada laporan tersebut terdapat dua bagian laporan. 1. Yang berisi judul lapora, kata pengantar, daftar isi dan lain sebagainya. 2. Yang berisi BAB Laporan, contoh BAB I sampai dengan III atau seterusnya.

Pada dua buah bagian laporan tersebut biasanya kita memberikan penomoran pada tiap lembar/halamannya, dan antara bagian ke 1 dan 2 biasanya juga berbeda format. Yang sering digunakan adalah untuk bagian 1 adalah format angka Romawi (i,ii,iii, dan seterusnya), dan bagian ke 2 adalah angka biasa (1,2,3, dan seterusnya).


Dan berikut merupakan cara untuk melakukannya :

1. Buka file Laporan (yang diketik menggunakan Aplikasi Ms. Word 2007)
2. Klik pada menu Insert, Page Number, kemudian pilih format/letak penomeran halamannya, contoh :


3. Tentukan format nomor yang akan digunakan dengan cara double click/klik dua kali pada area nomor halaman yang sudah ada. Kemudian secara otomatis akan muncul sebuah tab menu Header & Footer Tools, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah klik pada tombol/tab menu Link to Previous, agar tombol tersebut tidak aktiv, perhatikan gambar di bawah ini :


Jika sudah, kembali ke bagaimana cara untuk mementukan format nomor yang akan digunakan tadi, silahkan lihat ke bagian sebelah kiri, akan ada menu Format Page Number, silahkan klik menu tersebut dan pilih Format Page Number, perhatikan gambar di bawah ini :


Maka akan muncul sebuah jendela seperti berikut, silahkan tentukan format nomor yang akan digunakan, karena pada contoh adalah halaman yang merupakan bagiak ke 1 dari laporan, maka saya memilih format angka romawi.

akhiri dengan klik OK.

Secara otomatis semua nomor halaman pada file Laporan tadi akan menjadi angka romawi, dan berikut untuk mengubah format angka/nomor pada bagian ke 2 pada laporan bisa berbeda dengan bagian ke 1 pada laporan tersbut.

1. Pada halaman yang berisi BAB I, silahkan klik pada awal kalimat/tulisan/teks BAB I, perhatikan gambar di bawah ini :

Posisi kursor berada di awal kalimat/teks/tulisan BAB I.

2. Klik pada menu Page Layout, kemudian pilih Break, kemudian klik pada opsi/pilihan next page, perhatikan gambar di bawah ini :


3. Jika sudah, sekarang lanjutkan double click/klik dua kali pada area nomor halaman pada lembar BAB I tadi, kemudian secara otomatis akan muncul menu Header & Footer Tools, lanjutkan dengan klik pada tab menu Page Number, dan pilih format Pager Number.

Pilih format nomor biasa (1,2,3,..) seperti gambar di bawah ini :


Akhiri dengan klik OK.

Dan silahkan lihat, file laporan tadi sudah memiliki format nomor halaman yang berbeda.

Demikian, terimakasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon