11 December 2018

Selamat datang, dan terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Nebeng Online, pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan sebuah informasi mengenai macam-macam ukuran kertas. Dan berikut Penjelasannya :

Ada berbagai standar ukuran kertas internasional, terutama standar ISO (antara lain A4, B3, C4, dsb.) dan standar lokal di Amerika Utara (misalnya ukuran letter, legal, ledger, dsb.). Ukuran-ukuran ini mempengaruhi kertas surat, kertas kerja, kartu dan dokumen cetakan. Standar-standar ini juga mencakup ukuran-ukuran amplop. Ukuran kertas secara Internasional terdapat seri A, B, dan C. Ukuran R dan F muncul sesuai permintaan pasar. Berikut ukuran-ukuran dari setiap seri dalam milimeter dan centimeter. 

Seri A 

Merupakan standard ukuran kertas internasional, ISO 216, berdasarkan standar Jerman DIN 476 standar. Seri A biasa digunakan untuk cetakan umum dan perkantoran serta penerbitan.
Ukuran kertas ISO semua didasarkan atas rasio aspek tunggal "akar 2", atau kira-kira 1:1,4142. Dasar ukuran kertas ISO adalah A0 ("a nol") yang luasnya setara dengan satu meter persegi; dibulatkan ke milimeter terdekat menjadi 841 oleh 1189 milimeter (33,1 in × 46,8 in).
Setiap angka setelah huruf A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi A1 adalah setengah dari A0 dan demikian seterusnya. Ukuran yang paling banyak digunakan adalah A4. 



Seri B 

Seri B besarnya kira-kira di tengah antara 2 ukuran seri A, biasa digunakan untuk poster dan lukisan dinding.


Seri C

Seri C biasa digunakan untuk map, kartu pos dan amplop .



Seri R


Seri R biasa digunakan untuk kertas jenis Foto untuk mencetak foto


Demikian informasi mengenai macam-macam ukuran kertas yang biasa kita gunakan sehari-hari. Mudah-mudahan apa yang sudah Saya informasikan pada kesempatan kali ini bisa bermafaat untuk kita semua, sekian, terimakasih, dan semoga bermafaat.

Sumber : id.wikipedia.org


EmoticonEmoticon