19 December 2018

Selamat pagi, selamat datang, dan terimakasih atas kunjungan Anda ke Blog Nebeng Online. Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan beberapa tips mengenai cara melindungi VBA Project file Ms. Excel kita, banyak alasan kenapa kita harus melindungi VBA Project dari file Ms. Excel yang telah kita buat, salah satunya adalah supaya code/srypt/macro yang ada didalam file Ms. Excel kita tidak bisa dilihat oleh orang lain.


Meskipun tips dari cara untuk melindungi VBA Project MS. Excel yang akan Saya berikan pada postingan Saya kali ini tidaklah menjadi jaminan tidak akan bisa ditembus oleh orang lain, namun setidaknya kita sudah berupaya, dan paling tidak dibutuhkan langkah-langkah untuk menembusnya.

Dan berikut merupakan cara-cara yang bisa kita gunakan untuk melindungi VBA Project dari file Ms. Excel yang kita buat :

1. Mempassword VBA Project file Ms. Excel kita
Cara ini merupakan cara yang paling umum/sering digunakan untuk melindungi VBA Project file Ms. Excel, dan berikut langkah-langkahnya :

1.1. Tekan tombol Alt+F11 (pada keyboard) atau jika kita menggunakan Ms. Excel Versi 2007, bisa kita klik pada menu Developer, kemudian klik pada submenu Visual Basic, maka akan terbuka halaman Visual Basic dari Ms. Excel. Untuk memberi password pada halaman/VBA Project kita silahkan klik kanan pada jendela VBA Project sebelah kiri (klik kanan pada nama file kita masing-masing), berikut gambarnya :



Pilih VBA Project Properties :


Kemudian Klik pada tab Protection, dan lakukan seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini :

keterangan :
1. Klik pada tab Properties
2. Beri centak pada opsi Lock project for view
3. ketikkan password yang kita inginkan
4. ketik ulang password (sesuai yang kita ketik pada langkah no. 3)
5. Akhiri dengan klik tombol OK

Simpan file (save), tutup file Excel kita kemudian buka lagi, dan coba tekan tombol alt+F11, dan lihat, sekarang kita akan diminta untuk memasukkan password untuk melihat isi dari VBA Project kita.

2. Melindungi dengan Protect And Share Workbook, panduan ini untuk Anda yang menggunakan Ms. Excel 2007, untuk versi Excel yang lainnya silahkan googling untuk melihat menu Share Workbooknya.

2. 1. Klik pada Menu Review
2. 2. Klik pada tab menu Protect Anda Share Work Book


 2. 3. Kemudian lakukan seperti gambar di bawah ini :

Keterangan :
1. Klik/beri tanda centang pada opsi Sharing with Track change
2. Silahkan masukkan password (opsional) bisa juga tidak usah diberi password
3. akhiri dengan klik tombol OK.

simpan file excel kita, tutup, kemudian buka kembali dan silahkan tekan Alt+F11 dan klik pada VBA Project file kita, maka akan muncul seperti berikut ini :


Demikian, terimakasih, dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon